Turun BB Hingga 12 Kilo, Tips Diet Caca Tengker Adik Nagita Slavina

Cap Kupu – Adik dari Nagita Slavina yang akrab disapa Caca Tengker kini tampil beda. Caca tampak segar setelah turun berat badan hingga 12 kilogram. Setelah melahirkan anaknya yang kedua, Caca Tengker ternyata mulai berdiet untuk mengembalikan kebugaran tubuhnya. Menjalankan olahraga yang rutin hingga mengelola pola makannya dilakukan secara teratur.

Dibantu oleh seorang dokter gizi, Caca Tengker menjalani diet sehat yang mudah untuk ditiru di rumah. Berat badannya yang kini turun lebih dari 12 kilogram membuatnya tampak lebih muda dan segar. Jika ingin mencobanya, kamu bisa mengintip tipsnya.

1. Konsumsi makanan utuh

Dibandingkan dengan mengonsumsi makanan olahan, Caca Tengker lebih senang mengolah makanan yang alami. Buah-buahan dan sayuran menjadi salah satu menu yang harus selalu ada dan tersedia di atas meja makan.

Konsumsi makanan utuh ini juga dimanfaatkan Caca untuk mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. Nutrisi yang lebih seimbang, serat yang tinggi dengan kadar kalori yang rendah menjadi kunci utamanya untuk berhenti menumpuk kalori di dalam tubuh.

2. Mengurangi asupan nasi

Selama menjalani diet, Caca Tengker mulai mengurasi asupan karbohidratnya. Dirinya lebih memilih karbohidrat kompleks dan utuh seperti buah, biji-bijian atau roti gandum.

Nasi putih menjadi salah satu makanan yang kini paling dihindarinya. Porsi makan nasi putihnya dikurangi sesuai anjuran dokter gizi agar menyesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuhnya.

3. Masak makanan sendiri

Sebagai ibu yang aktif mengurus keluarganya di rumah, Caca Tengker selalu memerhatikan semua asupan makanan keluarganya. Hampir pada semua waktu makan, makanan yang disajikan merupakan buatan tangan Caca.

Caca Tengker meminimalisir membeli makanan di luar agar bisa memantau langsung komponen dari makanan yang dinikmati keluarganya. Selain itu, hal ini juga dilakukannya untuk menjaga anak pertamanya, Ansara, yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

4. Menghindari penyedap

Mengolah makanannya sendiri di rumah membuat Caca Tengker begitu selektif terhadap komponen yang dimasukkan ke dalam makanannya. Melalui video singkat pada akun Instagramnya, Caca Tengker menyebutkan dirinya tidak lagi menggunakan penyedap pada makanan.

Caca Tengker hanya memaksimalkan rasa makanan dengan menggunakan garam dan merica saja. Misalnya seperti membuat telur untuk sarapan dan makanan lainnya, ia lebih senang menambahkan rempah-rempah alami untuk memberi rasa pada hidangannya.

5. Mencukupi kebutuhan protein

Selain menekan asupan karbohidrat dan kalori, salah satu nutrisi penting yang paling banyak dilupakan adalah protein. Asupan protein yang cukup membuat tubuh akan akan lebih mudah mengalami penurunan berat badan.

Banyak ahli gizi yang juga mengatakan bahwa konsumsi protein selama diet perlu dilakukan untuk menjaga metabolisme tetap berfungsi efektif. Tetapi untuk membuatnya tetap sehat, Caca Tengker akan memilih sumber protein yang lebih rendah lemak dan menghindari konsumsi daging merah berlemak tinggi.

6. Mengonsumsi roti gandum

Terlihat sederhana, tetapi roti gandum dan roti tepung memiliki efek yang jauh berbeda terhadap tubuh. Roti yang terbuat dari tepung mengandung indeks glikemik yang tinggi dengan serat yang lebih rendah dibandingkan roti gandum.

Mengonsumsi roti gandum dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang lebih padat. Menu roti gandum yang diberi topping scramble egg menjadi menu sarapan favorit keluarga Caca untuk menahan lapar hingga siang hari

7. Mengganti camilan sehat

Mengganti semua makanan di rumahnya menjadi yang lebih sehat, Caca Tengker juga menjauhi camilan yang tinggi kalori dan garam. Camilan kemasna tak lagi disediakan di rumahnya dan digantikan dengan berbagai makanan yang lebih sehat.

Buah potong, yogurt atau smoothie yang dibuat dari kedua bahan tersebut seringkali disajikan Caca Tengker untuk keluarganya. Selain mengatasi lapar ringan dan keinginan ngemil, cara ini juga dimanfaatkan Caca untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya dan buah hatinya.

 

Sumber:

https://food.detik.com/info-sehat/d-6355935/7-tips-diet-caca-tengker-adik-nagita-slavina-yang-turun-bb-12-kg/1